Subscribe:

Labels

Rabu, 18 April 2012

Anime Cosplay


Apakah yang sebenarnya dimaksud dengan cosplay?
"Cosplay" adalah suatu singkatan dari kata "Costume Play". Dalam bahasa Jepang, kata cosplay diucapkan sebagai "Kosupure".
Intinya, cosplay adalah sebuah aktivitas di mana pelakunya (disebut juga sebagai "Cosplayer") tampil mengenakan kostum semenarik mungkin, diambil dari berbagai karakter di film, anime, manga, video game, ataupun tokoh fantasi ciptaan sendiri. Yap, seni ini mulai populer di Jepang, saat anak-anak muda di Harajuku Street mengangkat cosplay menjadi sebuah aktivitas yang marak ditampilkan di seluruh penjuru dunia. Nah, cosplay tidak hanya terbatas pada kostum atau pakaian saja, namun juga menyangkut ciri fisik seperti model rambut, bentuk tubuh, warna kulit, karakter wajah; bahkan juga ciri non-fisik seperti sifat dan pembawaan karakter tersebut.

Apa saja sih macam-macam contoh cosplay?

Ada sangat banyak contoh cosplay yang bisa ditampilkan, dan contoh-contoh cosplay akan coba saya uraikan sebagai berikut :

Anime/ Manga Cosplay : Costume play yang dilakukan berdasarkan karakter-karakter dalam sebuah anime (film kartun Jepang) atau Manga (komik Jepang, contohnya cosplay dari serial Naruto, Pokemon, atau One Piece.
Cosplay Akatsuki dari serial Naruto

Video Game Cosplay : Costume play yang dilakukan mengambil kostum dan ciri fisik dari karakter video game. Contohnya mungkin adalah cosplay Lara Croft ataupun Jill Valentine dari serial game Tomb Raider dan Resident Evil.

Contoh cosplay Ada Wong dari serial Resident Evil

Cosplay Tokusatsu : "Tokusatsu" adalah sebuah istilah untuk menggambarkan film Jepang yang banyak menggunakan spesial efek. Belakangan, "Tokusatsu" dikenal dengan film-film superhero khas Jepang seperti Satria Baja Hitam, Jiraiya, Kamen Rider, dan lain-lain. Nah, cosplay Tokusatsu tentunya adalah sebuah aktivitas cosplay berdasarkan karakter-karakter dari film Tokusatsu.



Cosplay Harajuku : Sering juga disebut dengan cosplay Gothic, di mana pelakunya berkostum dengan pakaian dan gaya rambut dengan kontras yang sangat kuat dan boleh dibilang agak "nyentrik", seperti rambut merah dan kostum hitam.



Crossplay : Crossplay adalah sebuah seni cosplay yang cukup unik, di mana pelakunya memerankan tokoh yang berkebalikan dengan gender aslinya. Cosplayer pria tampil sebagai karakter wanita, dan cosplayer wanita tampil sebagai karakter pria. Contohnya adalah cosplay Naruto yang diperankan oleh wanita cantik di bawah ini.

Crossplay Naruto dari serial Naruto
Itu tadi adalah berbagai macam pengertian dan jenis cosplay.
Happy cosplaying! :)

0 komentar:

Posting Komentar